Kamis, 21 Januari 2021

MOTIVASI MENULIS #2

 


v Sejak kecil dekat dengan Allah, saat dewasa jangan pernah sedetik pun kita bergantung pada selain Allah! Ketika menulis, pena dan jemari kita gerakkan karena Allah, untuk Allah. Maka tulisan kita tak hanya jadi manfaat dan rahmat di bumi, tapi insya Allah menjelma cahaya akhirat kita.(HelvyTiana Rosa)


Saya tertegun sejenak membaca kata-kata motivasi dari Ibu Helvy Tyana Rosa ini. Luar biasa. Dalam banget maknanya. Bahwa menulis bukanlah hanya kegiatan di dunia ini saja. Kebermanfaatan dari apa yang kita tulis akan sampai ke akhirat. Menjadi penerang cahaya di alam akherat. 

Saya jadi berpikir dan merenung. Apa saja yang sudah saya tuliskan untuk bisa bermanfaat untuk orang lain? Apakah tulisan-tulisan saya sudah bisa memberikan kebermanfaatan untuk yang membaca?

Sering kita tidak berfikir dan merenungkan itu ketika kita menulis. Betapapun bebasnya kita berpendapat dan menulis. Semuanya akan dimintai pertanggungjawaban. Kita memang bisa menulis apa saja. Mengungkapkan apa pun. Apalagi di blog atau di WA dimana tidak ada filter kecuali filter dari kita sendiri. 

Menulis menjadi sarana untuk berbuat baik. Maka apa yang kita tulis adalah hal-hal baik. Kalau pun keburukan itu hanya sebagai sarana untuk menuju kebaikan. Dari kata-kata motivasi tersebut saya memperbaiki lagi niat saya untuk menulis.

Menulis bukan untuk diri sendiri. Menulis juga untuk orang lain. Untuk pembaca. Ada pelajaran yang bisa dipetik dari tulisan kita. Apa pun bentuknya. Bisa fiksi (cerpen, puisi, cerbun, cermis dan novel) atau yang nonfiksi (artikel, features, opini dll). Salam literasi.Selamat berkarya. Jadikan tulisan kita menjadi lebih bermakna dengan memberikan kebaikan bagi diri kita dan orang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepedulian kepada Bencana Semeru

 Peristiwa bencana Semeru yang terjadi pada tanggal 8 Desember 2021 menggugah suasana yang tenang. Sore itu tiba-tiba grup WA